Apa Itu Vertigo?

image

Pembaca budiman, kali ini tulisanku agak beda dengan biasanya (kayak banyak yang baca aja, hehe). Agak serius dan bukan tentang keahlian amatirku. Tentang kesehatan. ^^ tepatnya tentang penyakit.

Pernah merasa pusiiiiing banget, seharian ga bisa hilang rasa pusingnya? Apakah kemana pun bergerak rasa pusing itu terus mengikuti? Bukan hanya saat bangkit dari duduk (salah satu gejala darah rendah), tapi juga duduk dari berdiri?

Pernah? Jika iya, maka go see doctor soon. Siapa tahu kena vertigo . Apa itu vertigo?Vertigo adalah  seuatu penyakit di mana penderita akan merasakan pusing luar biasa , telinga berdenging (seperti bunyi lebah atau gitar cempreng), dan penderita tingkat parah bisa jatuh pingsan. Dari informasi yang kudapat dari searching, vertigo itu dibagi dua,   ada yang “setengah”, tidak semua bagian kepala terkena akibatnya, gejalanya sering terjadi tapi cepat berlalu. Satu lagi vertigo “keseluruhan”, jadi seluruh tubuh akan terasa pusing, itu berlangsung tidak sesering jenis satunya, tapi sekali kambuh akan sangat menyiksa dan susah sekali hilangnya. Aku tidak mengerti secara medisnya bagaimana, kebetulan aku bukan mahasiswi kedokteran. ^^’

Yang bisa aku ceritakan mungkin gejala-gejalanya, penyebabnya, dan “penanggulangannya”. Gejala vertigo yang sudah parah—yang aku tahu—seperti ini :

  • Kepala terasa suangaaat pusiiing . Sangat. Sekali lagi sangat. Bila kita pusing karena demam tinggi, vertigo akan memberi rasa sakit berkali lipat dari itu.
  • Bila vertigo menyerang,  keseimbangan akan terganggu.   Apa yang kita lihat bisa kabur, bergoyang-goyang, atau mungkin bergelombang.
  • Telinga akan berdenging , pada beberapa momen malah akan sangat mengganggu. Suara dengingan di telinga bahkan bisa terdengar saat kita lagi di ruangan ramai. Bunyinya mirip dengan bunyi yang bikin gusi ngilu. “Ngiiiiing..” gitu.
  • Bagian kepala yang terasa dipukul-pukul adalah bagian depan, kadang-kadang bagian atas kepala bisa sangat berat, semacam ada beton yang menindih dan menekannya. Bisa juga menimbulkan rasa  berdenyut-denyut , seperti kita melihat tumor berdetak? Seperti itulah kira-kira.
  • Biasanya akan  menurunkan focus dan konsentrasi , kita jadi susah menangkap maksud kalimat, susah untuk mengatur pikiran (memahami apa yang sedang dilakukan), ibaratnya agak nge-hang gitu. Kalau ngelihat lamaaa ke suatu focus, penderita akan pusing.
  • Terus juga bisa membuat kita serba salah, sebab  setiap posisi hanya membuat tidak nyaman . Tidur pusing, bangun sakit, duduk berdenyut-denyut, pokoknya di setiap gerak-gerik rasa pusing kepala takkan hilang.
  • Vertigo bisa bikin penderitanya muntah.  Aku kurang tahu kenapa bisa muntah. Paling tidak mual, dan kehilangan selera makan.
  • Menderita vertigo berarti kita akan sangat  sensitive dengan bau dan goncangan . Di lalu lintas (seperti Jakarta) penderitanya akan merasa sangat pusing karena asap kendaraan, bau sampah juga. Pun dia tidak bisa naik kendaraan “gila” yang tidak menghindari lubang. Makanya susah untuk olahraga, soalnya itu akan membuat tubuh bergerak aktif (melompat-lompat). Padahal untuk orang sehat olahraga bisa sangat menyehatkan, tapi untuk yang kena vertigo? Butuh hati-hati betul.
  • Biasanya penderita vertigo juga  tidak tahan dengan makanan yang MSG-nya banyak , bisa bikin pusing. Seperti mie, atau masakan yang kebanyakan bumbu penyedap—buatan pabrik—nya.

Begitulah beberapa yang aku tahu. Mungkin tidak setiap penderita mengalami ini, karena katanya vertigo itu punya tingkatan. Jadi kalau yang belum parah mungkin tidak seperti itu kondisinya. Nah, bagi teman-teman yang mungkin mengkhawatirkan keluarga atau sahabatnya, bisa melihat tanda-tanda ini :

  • Penderita yang baru kena akan mengeluhkannya, pusing dan tidak bisa berhenti.
  • Atau penderita yang sudah sering mengalaminya, satu sisi mungkin dia  “membiasakan diri”, atau dia tak ingin kita khawatir.
  • Kenali dari gerak geriknya, kalau  jalannya oleng , meraba-raba dinding, atau suka mengernyitkan dahinya, coba tanya apa dia baik-baik saja.
  • Vertigo itu biasanya  mengikuti penyakit-penyakit seperti maag, tipes, darah rendah , demam atau lainnya. Tapi bisa juga muncul sendiri, tanpa diikuti penyakit lain. Jadi mungkin tidak terlihat pucat atau semacamnya. Gitu sih yang aku tahu.

Sebab yang mungkin bisa menyebabkan vertigo kambuh —setahuku juga—adalah :

  • Sebab awalnya aku kurang paham, tapi salah satunya adalah sifat yang  memaksa diri berpikir , pernah kena migran, atau karena ada sesuatu di telinga atau kepalanya. Sedangkan tubuhnya tidak kuat.Banyak pikiran dan tekanan hidup,   orang yang bawaannya seriuuus terus katanya lebih gampang terkena penyakit ini, karena saat kepala pusing dipaksa mikir akan menyiksa kepala kita.Kaget atau menangis , yang ini aku kurang tahu, tapi katanya kalau jantung kita kaget dan ngos-ngosan, itu akan membuat pusing.
  • Debu, bau,  goncangan, kelelahan, dan kurang tidur .
  • Bagi  yang menderita maag, hati-hati jika terlampau parah maka saat maag kambuh, dan  asam lambung naik ke atas   (yaitu di ulu hati), dokter bilang bisa  merangsang vertigo kambuh . Jadi dua penyakit kambuh satu waktu.
  • Terlalu banyak nonton TV atau menghadap computer . Terutama kalau layarnya belum LCD (aku lupa namanya apa). Radiasinya itu bisa bikin pusing.
  • Setahuku, sekali kena vertigo, maka akan  sangat sulit bagi penderita untuk lepas dari penyakit ini . Sama seperti maag,  “main kambuh”.   Kata dokter yang bisa mereka lakukan adalah membantu penderita  mengurangi gejalanya,  bukan   membersihkan penyakitnya . Dan yang bisa penderita lakukan adalah  mencegah gejalanya terjadi . Sekiranya penderitalah yang paling paham bagaimana kondisi tubuhnya.

Cara yang bisa dilakukan saat sudah terjangkit vertigo—sekali lagi setahuku—adalah sbb :

  • Jangan sampai kurang tidur dan kelelahan . Kalo bagi orang sehat akan menyebabkan kantuk, tapi bagi orang sakit akan membuat kepala pusing. Usahakan tidur tidak kurang dari 7-8 jam.
  • Kalo kambuh, pertama-tama  minum air putih.   Lalu coba bawa istirahat, jangan langsung minum obat. Kebanyakan obat bisa bikin ketergantungan.
  • Kalau kira-kira penyebabnya adalah tekanan batin, maka  usahakan hidup dibawa santai. Jangan terlalu banyak pikiran, ya! ^^b
  • Bila perlu, kalau lagi di jalan, dan tidak naik mobil pribadi,  kenakan masker.   Kalau bisa sih yang dari apotik, sekitar 3000-5000 per-lima lembarnya. Akan menyaring udara yang masuk ke tubuh kita.
  • Untuk yang suka nonton atau hobi computer, tidak dilarang, tapi usahakan  lima belas menit sekali  selama paling tidak 15 detik alihkan pandangan mata dari layar. Insya Allah akan membantu menjauhkan kepala dari rasa pusing.
  • Bagi penderita maag akut, jangan sekali-kali telat makan !! Asam lambung bisa merangsang kambuhnya vertigo, loh. Aku tahu ini dari dokter.
  • Ke dokter.  :)   Obat dari dokter biasanya ampuh.
  • Senyum ^^.   Usahakan banyak-banyak pikiran positif, bawa senang.   Bisa mengurangi beban pikiran.
  • Jangan terlalu hemat.  Makan makanan yang bergizi,   ya. Buah dan madu sangat baik tuh katanya.  ;)   Ibuku bilang lebih baik habis uang untuk makan daripada berhemat trus sakit dan harus ke dokter, ujung-ujungnya habis juga uangnya. (Anak kos, hehe)
  • Terus lagi,  minum Habatussaudah . Itu adalah obat herbal yang kalau tidak salah berasal dari timur tengah. Nama biologinya  Nigella Sativa. Ada hadisnya :  “Sesungguhnya di dalam Habatussaudah (jintan hitam) terdapat penyembuh dari segala macam penyakit, kecuali kematian”. (HR. Bukhari   dan Muslim).   Insya Allah bikin tubuh fit. Oh ya harganya (kalau punyaku) kalau tidak salah ingat 15 ribu, isinya 200 butir.
  • Jika vertigo kambuh, maka  tetaplah bersemangat , tapi jangan memaksakan diri. Istirahatlah dulu, jangan menyiksa diri. Tapi jangan putus asa, kata dokter bawa tenang.  ;)
  • Berdoalah, tawakal . Perbanyak istighfar, ga cuma untuk vertigo, tapi saat penyakit lain menyerang juga. Banyak-banyak doa dan berserah diri pada Allah agar dikuatkan. Memang vertigo itu penyakit yang mengganggu hari-hari kita.

GANGGUAN SIRKULASI DARAH

 

 

Menurut WHO (2003), 16,7 juta orang meninggal karena gangguan sirkulasi darah. Angka kematian ini 29% dari angka kematian seluruh dunia. Di Eropa ditemukan 4,3 juta orang meninggal karena gangguan sirkulasi darah.

 

 

Apa itu gangguan sirkulasi darah?

Gangguan sirkulasi darah adalah gangguan kelancaran peredaran darah yang dapat diakibatkan oleh gangguan pada jantung dan pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk arteri koroner dan arteri yang menuju ke otak.

 

 

Apa penyebab gangguan sirkulasi darah?

Gangguan sirkulasi darah dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain timbulnya plak atheromatous, meningkatnya kekentalan darah, mengerasnya dinding pembuluh darah, dll. Ganguan ini terjadi di jantung, pembuluh darah, darh, dan saraf yang mempersarafi pembuluh darah.

 

 

Faktor resiko gangguan sirkulasi darah :

 

  • Memiliki anggota keluaga yang pernah mengalami penyakit akibat gangguan sirkulasi darah (migrain, anemia, gangguan ginjal, gangguan penglihatan,PJK, Stroke, Kanker dsb).
  • Pernah atau sedang mengalami kadar kolesterol tinggi.
  • Pernah atau sedang mengalami hipertensi.
  • Menderita kecing manis (DM).
  • Sering mengonsumsi makanan berlemak, gorengan, dan fast food.
  • Memiliki kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Memiliki berat badan di atas normal (kegemukan).
  • Jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga.
  • Sering stress.

 

 

Semakin banyak jawaban ya, maka semakin tinggi resiko gangguan sirkulasi darah.

 

 

Gejala gangguan sirkulasi darah :

Pegal-pegal, nyeri kepala, sulit berkonsentrasi, mudah lupa (pikun), badan terasa lemas, kesemutan, pandangan mata kabur, telinga berdengung, keringat dingin, nyeri dada.

 

 

Proses terjadinya gangguan sirkulasi darah :

Gangguan sirkulasi darah berawal dari timbulnya plak atheromateous pada dinding pembuluh darah, tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah, dan atau meningkatnya kekentalan darah, sehingga meningkatkan tekanan darah, yang dalam kondisi lanjut menyebabkan berkurangnya aliran darah ke organ-oran terterntu. Hal tersebut menjadi sangat berbahaya bila yang mengalami gangguan adalah aliran darah yang menuju organ vital seperti jantung, otak, ginjal, dll.

 

 

Suplemen yang dianjurkan :   Circulan


Circulan isi 30

Price: Rp  142.000,-

Membantu memperlancar peredaran darah dan mencegah gangguan kesehatan akibat peredaran darah yang tidak lancar seperti pegal-pegal, masuk angin, kurang konsentrasi, lumpuh sebelah.

Mon, 5 Dec 2011 @09:16


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+9+8